Pengembangan Metode Permainan Kooperatif Merancang Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Kelompok B Di TK Tunas Kasih Nusa Dua Tahun Ajaran 2019/2020

Adonis, Fenty (2020) Pengembangan Metode Permainan Kooperatif Merancang Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Kelompok B Di TK Tunas Kasih Nusa Dua Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061032-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061032-ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061032- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061032- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061032- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061032- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061032- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengharapkan untuk dapat mengetahui pengembangan metode permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak kelompok B di TK Tunas Kasih Nusa Dua Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Dalam penelitian ini peneliti mengikut sertakan pakar materi dan pakar media sebagai validator. Subyek yang dipakai dalam penelitian ini adalah media permainan merancang gambar. Nilai yang di peroleh dari validator ahli materi sebesar 82,00%, yang termasuk golongan sangat baik dengan ulasan sangat layak. Validator pakar media sebesar 94,00% yang termasuk golongan sangat baik dengan ulasan sangat layak. Hasil persepsi pemakaian produk dari enam guru TK sebesar 93,00% dengan golongan sangat baik. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media merancang gambar pada metode permainan kooperatif yang telah dikembangkan dapat digunakan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan perkembangan sosial anak Kata kunci : Perkembangan Sosial, Metode Permainan Kooperatif, Media Merancang Gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial, Metode Permainan Kooperatif, Media Merancang Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: FENTY ADONIS
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:23
Last Modified: 26 Oct 2020 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item