PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI DAN KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS V SD

Ardani, Ni Kadek (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI DAN KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041023-COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041023-ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041023-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ardani.Ni Kadek (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita, Kompetensi Dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa di Bumi dan Kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD, Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen literasi humanistik dan instrumen hasil belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita, Kompetensi Dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa di Bumi dan Kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun karena situasi di lapangan akibat pandemi Covid 19 yang tidak memungkinkan untuk uji validasi secara empirik maka tahapan penelitian hanya dilaksanakan sampai tahapan develop. Validasi konten instrumen dilakukan oleh dua ahli dan enam praktisi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Kedua instrumen uji validasi konten dihitung menggunakan formulasi CVR dari Lawshe (1975). Sedangkan uji reliabilitas instrumen literasi humanistik berdasarkan expert judgesment dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji reliabilitas intrumen hasil belajar IPA berdasarkan expert judgesment dihitung menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukan (1) instrumen literasi humanistik dinyatakan valid dengan koefisien bergerak antara 0,75—1,00 dan CVI=0,98, (2) instrumen hasil belajar IPA dinyatakan valid dengan koefisien bergerak antara 0,75—1,00 dan CVI=0,95, (3) instrumen literasi humanistik dinyatakan reliabel dengan koefesien reliabilitasnya 0,746 (kategori tinggi), dan (4) instrumen hasil belajar IPA dinyatakan reliabel dengan r11= 0,752 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan instrumen literasi humanistik dan instrumen hasil belajar IPA telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Kata-kata kunci : Instrumen Literasi Humanistik, Instrumen Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Literasi Humanistik, Instrumen Hasil Belajar IPA.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Kadek Ardani
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:33
Last Modified: 23 Oct 2020 13:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item