PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TEMA 8 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

SUARJANA, I MADE (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TEMA 8 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041017-COVER.pdf

Download (318kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041017-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041017-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829041017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1829041017-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041017-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; (2) mengetahui reliabilitas menurut validator instrumen kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; (3) mengetahui validitas isi instrumen sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD; (4) mengetahui reliabilitas menurut validator instrumen sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada tahap define, menyusun kisi-kisi instrumen kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi butir instrumen. Pada tahap develop, dilakukan uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitas oleh validator. Untuk menguji instrumen kemampuan berpikir kritis menggunakan rumus KR20 sedangkan instrumen sikap peduli lingkungan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan dua orang dosen ahli dan tiga orang rekan guru kelas IV yang berperan sebagai validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan berpikir kritis dengan bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai = 0,74. Hasil instrumen sikap peduli lingkungan dengan bentuk angket yang terdiri dari 30 butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 = 0,8. Kata kuci : instrumen, kemampuan berpikir kritis, sikap peduli lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen, kemampuan berpikir kritis, sikap peduli lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Made Suarjana
Date Deposited: 23 Oct 2020 14:00
Last Modified: 23 Oct 2020 14:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item