PENGARUH IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN VERBAL PADA SISWA KELAS II SD GUGUS PATTIMURA KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Alit Darmawan, I Made (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN VERBAL PADA SISWA KELAS II SD GUGUS PATTIMURA KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041039-COVER.pdf

Download (989kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041039-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041039-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

I Made Alit Darmawan (2020), Implementasi Etnomatematika Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas II SD Gugus Pattimura Kecamatan Denpasar Selatan Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh : Pembimbing I Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. dan Pembimbing II Dr. I Made Gunamantha, S.T., M.M. Kata-kata kunci: etnomatematika, berpikir kritis, kemampuan verbal, matematika Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi Etnomatematika berbasis permainan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan verbal siswa kelas II SD di Gugus Pattimura Kecamatan Denpasar Selatan. Sebanyak dua kelas yang terdiri dari 63 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IIA SDN 7 Sesetan sebanyak 32 orang pada kelas eksperimen dan siswa kelas IIB SDN 1 Sesetan sebanyak 31 orang pada kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di Gugus Pattimura yang terdiri dari 286 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan berpikir kritis dengan tes esai dan kemampuan verbal siswa dengan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti etnomatematika dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 7,071 > Ftabel = 3,998). Kedua, setelah dikendalikan kovariabel kemampuan verbal, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti etnomatematika dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 4,295 > Ftabel = 4,00). Ketiga, terdapat kontribusi kovariabel kemampuan verbal yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (rhitung = 0,570 > rtabel =0,215). Simpulan penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti etnomatematika dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan verbal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: etnomatematika, berpikir kritis, kemampuan verbal, matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Made Alit Darmawan
Date Deposited: 23 Oct 2020 14:19
Last Modified: 23 Oct 2020 14:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item