PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS 3 KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

OKI ARTAWAN, PT. GD. (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS 3 KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411031467-COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411031467-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031467-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031467-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031467-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031467-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031467-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031467-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411031467-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus 3 Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus 3 Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-t independent. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 18,04>15,23. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh thitung = 2,533 dan ttabel = 2,0 (thitung > ttabel) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Gede Oki Artawan
Date Deposited: 25 Oct 2020 01:23
Last Modified: 25 Oct 2020 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4454

Actions (login required)

View Item View Item