PEMAHAMAN BERSAMA UNGKAPAN DIALOG GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA (KAJIAN PRAGMATIK DAN SUPRASEGMENTAL)

Mei Artini, Ni Nyoman (2020) PEMAHAMAN BERSAMA UNGKAPAN DIALOG GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA (KAJIAN PRAGMATIK DAN SUPRASEGMENTAL). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011016-COVER.pdf

Download (509kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011016-ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011016-LAMPIRAN.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman bersama ungkapan dialog guru-siswa di SMA Negeri 1 Singaraja menggunakan kajian pragmatik dan suprasegmental. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 5, serta guru Bahasa Indonesia, sedangkan objek penelitian ini adalah pemahaman bersama ungkapan dialog guru dan siswa dengan menggunakan kajian pragmatik dan suprasegmental. Data dikumpulkan dengan melakukan kegiatan observasi dan mengamati subjek ketika berlangsungnya pelajaran. Setelah itu, melakukan metode perekaman, pentranskipan data, dan mewawancarai subjek mengenai kebenaran dari tuturan yang telah disampaikan. Analisis data dilakukan dengan cara melacak persepsi guru dan siswa dalam memahami sebuah ungkapan dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disampaikan 34 dialog yang mengandung makna referensial, 45 dialog menggunakan ungkapan atau makna pragmatis, 33 dialog dinyatakan dengan bunyi suprasegmental. Keseluruhan pada dialog terdapat adanya pemahaman bersama antar pelaku tutur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman bersama, dialog, pragmatik, suprasegmental
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Mei Artini
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:45
Last Modified: 26 Oct 2020 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4457

Actions (login required)

View Item View Item