PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD

Maretayani, Ni Wayan (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041046-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041046-ABSTRACT.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041046-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ni Wayan Maretayani. 2020. Pengembangan Instrumen Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD. Tesis. Singaraja: Pascasarjana Undiksha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. Kata kunci: membaca pemahaman, kecerdasan interpersonal, instrumen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi instrumen kemampuan membaca pemahaman dan instrumen kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD dan reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan membaca pemahaman dan instrumen kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dilaksanakan karena situasi kesehatan masyarakat dengan adanya pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang expert/judges terdiri dari dua orang dosen ahli dan tiga orang guru. Hasil uji validitas isi dari 30 butir soal instrumen kemampuan membaca pemahaman dengan formula Lawshe CVR mendapatkan CVR ≥ 0,60 sehingga 30 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji coba validitas isi dari 40 butir pernyataan instrumen kecerdasan interpersonal dengan formula Lawshe CVR diperoleh 38 butir pernyataan dinyatakan valid karena CVR ≥ 0,60 sedangkan 2 butir pernyataan dinyatakan tidak valid. Hasil reliabiliatas menurut expert instrumen kemampuan membaca pemahaman dengan KR-20 didapatkan r11= 0,78 sehingga instrumen reliable. Hasil reliabiliatas menurut expert instrumen kecerdasan interpersonal dengan Alpha Cronbach didapatkan r11 = 0,81 sehingga instrumen kecerdasan interpersonal tergolong kriteria derajat reliabilitas tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, kecerdasan interpersonal, instrumen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Wayan Maretayani
Date Deposited: 26 Oct 2020 09:34
Last Modified: 26 Oct 2020 09:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item