THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF STUART LITTLE IN E.B WHITE'S STUART LITTLE (1999)

RAHINI, NI PUTU PUTRI (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF STUART LITTLE IN E.B WHITE'S STUART LITTLE (1999). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021103-COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021103-ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021103-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021103-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021103-LAMPIRAN.pdf

Download (345kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian penting yang tidak boleh dipisahkan dalam muatan pendidikan. Nilai pendidikan karakter sangat penting dalam pendidikan sehingga pemerintah tidak hanya mengedepankan pengetahuan dan keterampilan tetapi juga sejalan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakterisasi Stuart little sebagai tokoh utama dalam novel Stuart little karya E.B White (1999) dan representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam karakterisasi Stuart little sebagai tokoh utama dalam novel Stuart little karya E.B White (1999). Penelitian ini menggunakan model interaktif Miles, Huberman & Saldana (2014), dan teori nilai pendidikan karakter mengacu pada teori Lickona. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa Stuart little memiliki 19 karakterisasi dan karakterisasi tersebut diidentifikasikan sebagai nilai pendidikan karakter. Karakterisasi tersebut adalah pekerja keras, gigih, optimis, banyak akal, disiplin, antusias, bertanggung jawab, membantu, tulus, empati, peduli, jujur, setia, ramah, hormat, sabar, sopan, bersyukur, rendah hati, percaya diri, bijaksana, ingin tahu, mandiri, dan berani. Penokohan terkuat adalah sopan, bertanggung jawab, dan berani. Nilai-nilai pendidikan karakter yang direpresentasikan dalam karakterisasi Stuart little yang berkembang di awal, tengah, dan di akhir alur adalah bijaksana, sopan, bertanggung jawab, berani, sabar, gigih, percaya diri, peduli, empati, setia, optimis, antusias, pekerja keras, banyak akal, tulus, bersyukur dan, rendah hati. Nilai-nilai pendidikan karakter yang direpresentasikan oleh karakterisasi Stuart little yang berkembang dari tengah hingga akhir plot yaitu jujur dan penuh hormat. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai latar belakang atau sebagai inspirasi bagi peneliti lain. Direkomendasikan Stuart little sebagai novel anak-anak cocok untuk media pembelajaran terkait nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak sebagai generasi penerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, novel, anak-anak
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Putri Rahini
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:04
Last Modified: 27 Oct 2020 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item