Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 1 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019

Sugiman, I Made Harry (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 1 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021054-COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021054-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021054-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap literasi sains peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian one way posttest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 1 Banjar tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 131 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA1 sebagai eksperimen dan kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan dua instrumen pengumpulan data, yaitu tes literasi sains dan angket sikap sains. Tes literasi sains yang berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir digunakan untuk mengukur literasi sains siswa dari tiga domain, yaitu: konten, proses, dan konteks sains, sedangkan angket sikap sains yang terdiri dari 20 butir angket digunakan untuk mengukur sikap sains yang dimiliki siswa. Skor-skor yang diperoleh pada masing-masing domain dikonversi ke dalam skala 100, kemudian dari keempat domain dirata-ratakan sehingga menjadi nilai literasi sains setiap siswa. Analisis data literasi sains untuk kedua kelas dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes literasi sains siswa pada kelas eksperimen adalah 73,37 dan nilai rata-rata literasi sains siswa pada kelas kontrol adalah 59,96. Nilai rata-rata setiap domain literasi sains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu: domain konten pada kelas eksperimen 76,74 dan kelas kontrol sebesar 71,18 dengan selisih 5,56; domain proses pada kelas eksperimen 61,39 dan kelas kontrol sebesar 49,72 dengan selisih sebesar 11,67; domain konteks pada kelas eksperimen 71,43 dan kelas kontrol 53,57 dengan selisih 17,86; serta domain sikap pada kelas eksperimen 74,69 dan kelas kontrol 65,36 dengan selisih 6,33. Melalui analisis uji-t, diperoleh t_hitung sebesar 8,18 lebih besar dari t_tabelsebesar 1,66724. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model learning cycle 7E dan model pembelajaran direct instruction terhadap literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning cycle 7E, direct instruction, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Made Harry Sugiman
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:53
Last Modified: 23 Oct 2019 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item