The Effect of Orai Application towards Students’ Speaking Skills and Speaking Anxiety in English Language Department Undiksha.

Anggitawati, Ni Wayan Putri (2020) The Effect of Orai Application towards Students’ Speaking Skills and Speaking Anxiety in English Language Department Undiksha. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081004-COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081004-ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081004-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh penggunaan Aplikasi Seluler Orai pada bahasa Inggris sebagai bidang bahasa asing pada mahasiswa tingkat universitas. Ini berfokus pada: (1) menyelidiki pengaruh Aplikasi Seluler Orai pada keterampilan berbicara siswa; (2) menyelidiki pengaruh Aplikasi Seluler Orai pada kecemasan berbicara siswa; (3) menyelidiki efek simultan penerapan Aplikasi Orai terhadap keterampilan berbicara dan kecemasan berbicara siswa. Mahasiswa semester 7 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris diambil sebagai sampel penelitian melalui random simple sampling. Desain post-test only digunakan untuk memperoleh data, dimana RQ1 dan RQ2 dianalisis menggunakan t-test, sedangkan MANOVA diadministrasi pada RQ3. Temuan pertama melaporkan pengaruh yang signifikan dari Orai pada keterampilan berbicara siswa dengan ukuran efek yang besar (0, 26), yang berarti secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Temuan kedua menunjukkan pengaruh orai yang signifikan terhadap kecemasan berbicara siswa dengan effect size yang besar (0, 64) artinya Orai secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan siswa. Temuan penting lainnya menunjukkan efek tinggi pada efek simultan yang disimpulkan bahwa Aplikasi Orai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa sekaligus mengurangi kecemasan siswa pada saat bersamaan di kelas berbicara. Lebih lanjut disarankan penggunaan aplikasi seluler seperti Orai dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama dalam praktik berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: orai application, speaking skills, speaking anxiety, mobile learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Wayan Putri Anggitawati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:33
Last Modified: 03 Nov 2020 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item