Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2019/2020

Siddiq, Yunia Isni (2020) Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021033-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021033-ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021033-LAMPIRAN.pdf

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan animasi dua dimensi, dan (2) mendeskripsikan validitas pengembangan animasi dua dimensi. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 2 ahli isi pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pencatatan dokumen, wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancang bangun pengembangan animasi dua dimensi menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, diantaranya: (a) analisis (analysis), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). (2) Rancangan pengembangan animasi dua dimensi valid dengan: (a) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (b) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,5), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (91,67%) dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,24%). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa animasi dua dimensi untuk pembelajaran tematik berada pada kualifikasi sangat baik. Diharapkan animasi dua dimensi dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tematik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, animasi dua dimensi, tematik
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Yunia Isni Siddiq
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:13
Last Modified: 03 Nov 2020 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item