EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI PRODI PENJASKESREK FOK UNDIKSHA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Prasetyo, Davi Ganis (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI PRODI PENJASKESREK FOK UNDIKSHA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1316011074-COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1316011074- ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1)
1316011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2)
1316011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1316011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1316011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1316011074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1316011074- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1316011074- LAMPIRAN.pdf

Download (724kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online di prodi penjaskesrek fok undiksha pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penjaskesrek FOK Undiksha. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa aktif semester II, IV, VI. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner secara online yang dikemas dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 yang diselenggarakan oleh prodi penjaskesrek mendapatkan presentase rata-rata sebesar 76% sehingga dapat dikategorikan cukup efektif; (2) Dalam pelaksanaannya dosen menggunakan applikasi atau media google meet, google classroom, google zoom, e-learning undiksha, edmodo dan WhatsApp; (3) Kendala-kendala dalam pembelajaran online: sinyal atau jaringan, mahalnya kuota atau paket internet, kurangnya pembelajaran praktik dan fasilitas yang menunjang perkuliahan praktik, materi pembelajaran yang sulit dipahami, membutuhkan penyimpanan internal yang lebih besar; (4) Kelebihan-kelebihan pembelajaran online: menambah wawasan, lebih banyak waktu bersama keluarga, lebih efisien waktu, berani bertanya langsung, dapat mengetahui applikasi atau media yang bisa digunakan dalam pembelajaran online; (5) Respon dosen dalam menerima tugas dari mahasiswa dalam pembelajaran online: sangat baik (30%), baik (64%), cukup lambat (4%), kurang (2%); (6) Pendapat mahasiswa prodi penjaskesrek mengenai keefektifan pembelajaran online: efektif (40%), tidak efektif (60%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran online yang diselengarakan oleh prodi penjaskesrek dalam masa pandemi covid-19 yaitu cukup efektif dengan tingkat presentase (76%). Kata-kata kunci: Covid-19, Efektivitas, Pembelajaran Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: covid-19 1, efektivitas 2, pembelajaran online 3
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Davi Ganis Prasetyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:23
Last Modified: 17 Nov 2020 05:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item