PEU UBU, ANASTHASIA CARMANITA (2021) THE INVESTIGATION OF UNIVERSITY STUDENT ENGAGEMENT ON THE USE OF ONLINE DISCUSSION IN THE EFL CONTEXT IN NORTH BALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1612021207-COVER.pdf Download (752kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021207-ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612021207-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612021207-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1612021207-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
1612021207-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1612021207-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021207-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021207-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Partisipasi siswa sangat diperlukan dalam pelaksanaan blended learning, seperti diskusi online. Namun, siswa memiliki karakteristik yang berbeda dalam belajar sehingga mempengaruhi partisipasi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan mahasiswa yang berhubungan dengan partisipasi atau upaya mahasiswa dalam penggunaan diskusi online dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di Bali Utara. Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk menganalisis faktor keterbatasan dan faktor pendukung mahasiswa dalam penggunaan diskusi online sebagai bagian dari Pembelajaran Campuran. Keterlibatan mahasiswa ditentukan oleh teori dari Schlecthy tentang tingkat keterlibatan mahasiswa. Desain penelitian ini adalah Explanatory Sequential Mixed-Method, data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 255 mahasiswa, 6 diantaranya terpilih menjadi responden dalam sesi wawancara. Menurut teori, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan mahasiswa pada penggunaan diskusi online dalam konteks Bahasa Inggris di Bali Utara termasuk dalam tingkat Ritual Compliance. Mahasiswa memiliki perhatian yang rendah dan tidak memiliki komitmen dalam belajar. Mereka cenderung memiliki ketergantungan dalam belajar dan bekerja hanya untuk memenuhi syarat pembelajaran. Selain itu, siswa menyatakan ada 6 faktor penghambat dan 5 faktor yang mendukung mereka selama proses pembelajaran melalui diskusi online. Oleh karena itu, para dosen dihimbau untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan membina hubungan yang baik dengan para mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Campuran, Keterlibatan Siswa, Diskusi Online |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Anasthasia Carmanita Peu Ubu |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 05:23 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 05:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4806 |
Actions (login required)
View Item |