Sulistyawati, Putu (2021) Konversi Agama Dari Agama Hindu Ke Agama Kristen Di Banjar Untal- Untal, Desa Dalung, Badung dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714021006-COVER.pdf Download (386kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714021006-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714021006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714021006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) sejarah konversi agama dari Agama Hindu ke Agama Kristen di Banjar Untal - Untal 1931-1935, (2) proses konversi agama dari Agama Hindu ke Agama Kristen di Banjar Untal – Untal 1931-1935, (3) aspek – aspekdarikonversi agama dari Agama Hindu ke Agama Kristen di Banjar Untal – Untal 1931-1935 yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif meliputi : (1) heuristik (mencari jejak/sumber data, (2) kritik sumber atau verifikasi (pengujian sumber data), (3) interpretasi (penafsirkan data ), dan (4) historiografi ( penulisan sejarah ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :sejarah konversi agama dari Agama Hindu ke Agama Kristen di Untal-Untal 1931-1935 dilatarbelakangi oleh aktivitas zending Tsang To Hang. Proses konversi agama di Banjar Untal-Untal menghasilkan 12 orang yang dibaptis dan menjadi perintis perkembangan Kristen di Banjar Untal-Untal. Adapun potensi sejarah konversi agama dari agama Hindu ke Agama Kristen di Banjar Untal-Untal 1931-1935 sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA kelas XI dapat dilihat dari beberapa aspek di antaranya aspek pendidikan karakter (nilai demokrasi, toleransi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial), aspek pendidikan, sumber artefaktual (GerejaBetlehem, Monument Tabur Tuai), dan aspek sejarah yang selanjutnya dikemas dalam buku suplemen pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konversi. Agama. Sumber belajar Sejarah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Putu Sulistyawati |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 03:17 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 03:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4916 |
Actions (login required)
View Item |