Interaksi dan Solidaritas Sosial Dalam Tradisi Ambur Salim Pada Masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA

Rizaldy, Muhammad Daffy (2021) Interaksi dan Solidaritas Sosial Dalam Tradisi Ambur Salim Pada Masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714091017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714091017-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714091017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714091017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714091017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714091017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714091017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714091017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714091017-LAMPIRAN.pdf

Download (927kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses interaksi sosial dalam pelaksanaan tradisi ambur salim pada masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, (2) mendeskripsikan bentuk solidaritas sosial yang terbangun dalam tradisi ambur salim pada masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, (3) mendeskripsikan aspek-aspek yang terdapat pada tradisi ambur salim yang berpotensi menjadi sumber belajar sosiologi di SMA. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tahap-tahap pengumpulan data diantaranya (1) purposive sampling, (2) observasi non-partisipatif, (3) in-depth interviewing, (4) studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan (1) interaksi sosial dalam perhelatan ambur salim menciptakan proses interaksi asosiatif dan disosiatif, (2) dalam perhelatan ambur salim membentuk solidaritas mekanik dan gambaran gemeinschaft, (3) ambur salim mengandung aspek sosiologis dan pedagogis yakni wahana mempelajari suatu tradisi, alat atau media dalam melihat proses kerjasama (co-operation), alat atau media dalam meningkatkan solidaritas, mengandung nilai-nilai karakter yang sejalan dengan Kurikulum 2013 dan berpotensi menjadi sub materi pada mata pelajaran sosiologi di jenjang SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ambur Salim, Interaksi Sosial, Solidaritas Sosial, Sumber Belajar, Nilai-Nilai Karakter.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: MUHAMMAD DAFFY RIZALDY
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:06
Last Modified: 09 Feb 2021 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item