Aryani, Made Ayu Bintang (2021) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ AND TEACHERS’ E-LEARNING READINESS IN PUBLIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1412021226-COVER.pdf Download (427kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412021226-ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021226-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021226-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412021226-LAMPIRAN.pdf Download (703kB) |
Abstract
ABSTRAK Peneltian ini ditujukan untuk menemukan 1) level kesiapan siswa dan guru di SMK Negeri Singaraja dalam bidang E-learning dan 2) menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi level kesiapan guru dan siswa di SMK Negeri Singaraja. Dengan mengunakan metode campuran yaitu penggabungan metode survey dan wawancara. Adapun sekolah yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah SMK N 1 Singaraja, SMK N 2 Singaraja and SMK N 3 Singaraja. Adapun penelitian ini melibatkan 410 sampel dari 3511 populasi siswa yang mengikuti penelitian berbasis survei. Survey yang digunakan diprakarsai oleh Akaslan & Law, (2011) yang didalam surveinya terdiri dari 3 dimensi dalam kesiapan e-learning. Adapun hasil yang didapatkan oleh siswa dan guru ada pada level siap namun masih memerlukan beberapa peningkatan. Nilai tertinggi yang didapatkan siswa adalah ‘4.30’ dimana siswa menyatakan kesiapan dan kebiasaan mereka menggunakan aplikasi berkirim pesan singkat serta dibutuhkannya peningkatan koneksi dalam sekolah, dan nilai terendah yang didapatkan adalah ‘3.35’ yang menyatakan ketidak siapan siswa berkomunikasi menggunakan e-mail dengan teman-temannya. Begitu juga hasil survey dari 18 guru bahasa Inggris dengan nilai tertinggi yang diperoleh sebesar ‘4.50’ menyatakan bahwa mereka sangat setuju dengan penerapan e-learning di lingkungan sekolah sedangkan hasil terendahnya ‘2.67’ dimana para guru sangat tidak terbiasa berkomunikasi dengan siswa menggunakan e-mail. Dari hasil interview didapatkan bahwa fitur dalam aplikasi e-learning, keuntungan e-learning, tantangan e-learning, familiaritas e-learning, pengalaman e-learning dan inovasi individu dalam e-learning merupakan faktor-faktor yang berperan mempengaruhi kesiapan pengguna e-learning. Hal itu menunjukkan bahwa manfaat e-learning mempengaruhi kesiapan siswa dan guru SMK di Singaraja, sedangkan tantangan dalam e-learning tampaj mempengaruhi ketertarikan dalam penggunaanya. Sangat disarankan untuk memperkecil tantangan dalam implementasi e-learning untuk membentuk akses e-learning yang nyaman yang bertujuan untuk membangun proses belajar mengajar. Kata Kunci: E-learning, Kesiapan, Sekolah Kejuruan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Kesiapan, Sekolah Kejuruan |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Ayu Bintang Aryani |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 21:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 21:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4968 |
Actions (login required)
View Item |