STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MASYARAKAT PLURAL (Studi Pada SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali)

Setiawan, Agus Budi (2021) STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MASYARAKAT PLURAL (Studi Pada SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1414091035-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1414091035-ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1414091035-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1414091035-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1414091035-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1414091035-BAB IV HASIL TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1414091035-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1414091035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1414091035-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Karakteristik dari peserta didik di SMP Laboratorium Undiksha, (2) Nilai-nilai multikulturalisme apa saja yang ditanamkan, dan (3) Strategi yang diterapkan di sekolah dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif meliputi: (1) penentuan lokasi penelitian, (2) penentuan informan, (3) pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen, (4) penjaminan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Seluruh warga SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama, (2) Nilai-nilai multikulturalisme yang ditanamkan antara lain gotong royong, toleransi, tenggang rasa, dan komunikasi lintas budaya, (3) Dalam penanaman nilai-nilai multikulturalisme sekolah berperan dalam segi akademik, fasilitas, dan aturan/tata tertib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Plural, Nila-Nilai Multikulturalisme, Pendidikan Multikultur, Strategi Pendidikan Multikultur
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: AGUS BUDI SETIAWAN
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:52
Last Modified: 11 Feb 2021 03:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item