Analisis Semiotika Karikatur Kompas Sebagai Media Pembelajaran Menulis Opini

Astuti, Rika Citra (2021) Analisis Semiotika Karikatur Kompas Sebagai Media Pembelajaran Menulis Opini. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011071-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011071-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011071-BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011071-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011071-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011071-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011071-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011071-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011071-LAMPIRAN.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna denotasi dan konotasi pada gambar karikatur Kompas serta implikasi karikatur Kompas sebagai media pembelajaran menulis opini di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah karikatur yang termuat dalam rubrik opini Kompas terbitan Februari, Maret, April, Mei, November, Desember (tahun 2019) dan Maret, April (tahun 2020), sedangkan objek dalam penelitian ini adalah analisis semiotika pada gambar karikatur Kompas dan implikasinya sebagai media menulis opini kelas XII kurikulum 2013. Data yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan karikatur dan menentukan makna denotasi-konotasi serta implikasinya pada pembelajaran menulis opini. Adapun hasil penelitian ini terdapat makna denotasi pada karikatur Kompas karena adanya kemiripan gambar dengan realitas dan terdapat tanda pada karikatur yang berkaitan dengan realitas juga.Kemudian secara konotasi dilihat dengan mengaitkan gambar dengan konteks, dan makna yang dihasilkan tidak hanya satu karena penafsiran maknanya memerlukan berbagai acuan dan melibatkan nilai rasa pada situasi tertentu untuk menemukan kesesuaian dengan konteksnya.Implikasinya pada pembelajaran menulis opini yaitu relevan dengan kurikulum 13 yang berbasis teks sehingga guru dapat menjadikan karikatur sebagai acuan dalam menulis opini dan siswa pun lebih mudah untuk membuat teks dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karikatur, Menulis Opini, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Rika Citra Astuti
Date Deposited: 15 Feb 2021 00:36
Last Modified: 15 Feb 2021 00:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item