“Identification on Character Education Values of the Main Character in the Suzanne Collins’ “The Hunger Games (2008)”.

Handayana, I Dewa Gede Krisna Dwipa (2021) “Identification on Character Education Values of the Main Character in the Suzanne Collins’ “The Hunger Games (2008)”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021166-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021166-ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021166-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021166-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021166-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021166-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021166-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021166-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021166-LAMPIRAN.pdf

Download (391kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap guru di Indonesia sebagaimana dibahas dalam undang-undang nomor 86 tahun 2017. Oleh karena itu, diperlukan suatu media untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada siswa. Penelitian ini terutama membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh Katniss Everdeen, tokoh utama dalam novel “The Hunger Games” karangan Suzanne Collins yang sejalan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Dalam karakterisasi Katniss, ia memiliki 24 karakter yang membangun dirinya sebagai tokoh utama dalam novel. Dari 24 karakter tersebut, 22 di antaranya merupakan sub nilai dari nilai-nilai pendidikan karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) yaitu Cinta Damai, Toleransi, Ketulusan, Tidak memaksakan kehendak sendiri, Cinta Lingkungan, Berprestasi, patriotisme, Taat Hukum, Disiplin, Pekerja Keras, Mental Tangguh, Bertekad, Kreatif, Berani, Kerja Sama, Demokratis, Peduli, Sukarela, Jujur, Setia, Adil, dan Bertanggung Jawab. Dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) tercermin dalam karakterisasi Katniss. Hal ini membuat penokohan Katniss dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan nilai pendidikan karakter kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Novel, Karakterisasi, The Hunger Games (2008)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I DEWA GEDE KRISNA DWIPA HANDAYANA
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:16
Last Modified: 15 Feb 2021 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item