Saitri, I Gusti Ayu Ditha (2021) MULTIPLE CORRELATION OF READING PERCEPTION AND READING INTEREST TO READING HABIT DURING THE PANDEMIC COVID-19 IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021082-COVER.pdf Download (590kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021082-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021082-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini mempelajari dua variabel prediktor yaitu persepsi membaca dan minat baca serta satu variabel kriteria yaitu kebiasaan membaca. Tujuan umum penelitian ini untuk mengkorelasikan perbanyakan persepsi membaca, minat baca, dan kebiasaan membaca siswa selama pandemi Covid-19 di SMPN 2 Sidemen. Pembelajaran EFL dilaksanakan melalui platform on-line yaitu Google Classroom. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sidemen tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil sebanyak 70 siswa. Desain yang diterapkan adalah desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu Skala Persepsi Membaca, Skala Minat Baca, dan Skala Kebiasaan Membaca. Data yang dikumpulkan diasumsikan memiliki struktur interval bawahan. Sebelum dilakukan pengumpulan data, ketiga instrumen tersebut divalidasi dan diujicobakan secara empiris. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan Korelasi Ganda dari gabungan variabel prediktor dan variabel kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi membaca siswa tergolong sedang; minat baca sedang; dan kebiasaan membaca sedang. Variabilitas terbesar terjadi pada kebiasaan membaca siswa dan diikuti pada minat baca dan persepsi membaca. Korelasi ganda antara persepsi membaca, minat baca dan kebiasaan membaca secara signifikan berkorelasi tinggi positif R = 0,851 dengan α = 0,01. Persepsi membaca sedang, minat baca, kebiasaan membaca menyiratkan kepada siswa untuk sering terlibat dalam kegiatan membaca di rumah atau di sekolah, dan meningkatkan niat mereka dalam membaca menjadi kegiatan membaca sebagai kegiatan tidak sadar membaca. Sekolah dan guru EFL harus memiliki program literasi dalam membaca. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sharing bacaan buku dan lingkungan yang kaya literasi merupakan cara yang paling efektif untuk mendukung perkembangan literasi dalam membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi membaca, minat, kebiasaan, korelasi ganda |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Ditha Saitri |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 01:21 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5083 |
Actions (login required)
View Item |