THE EFFECT OF VIRTUAL REALITY-BASED ENGLISH LEARNING ACTIVITIES TOWARDS 10TH GRADE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT IN SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Sepang, Kevin Marion (2020) THE EFFECT OF VIRTUAL REALITY-BASED ENGLISH LEARNING ACTIVITIES TOWARDS 10TH GRADE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT IN SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, KODEPRODI88203#PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.

[img] Text (COVER)
1412021166-COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412021166-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021166-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021166-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412021166-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media ajar atau media instruksional di dunia edukasi berubah di masa ini. Perkembangan teknologi di Revolusi INdustri 4.0 memberi efek kepada media ajar menuju sesuatu cara yang baru muncul, inovatif dan atraktif. Salah satunya adalah Virtual Reality yang menjadi salah satu revolusi di dunia media instruksional. Peneliti studi ini mengadakan sebuah percobaan dengan menggunakan Virtual Reality sebagai media instruksional dalam bentuk aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Virtual Reality dalam belajar Bahasa Inggris dalam kemampuan menulis Bahasa Inggris. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui apakah adanya efek dalam penggunaan aktivias pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Virtual Reality terhadap pencapaian belajar Bahasa Inggris siswa kelas 10 di SMA N 4 Singaraja, (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Virtual Reality terhadap pencapaian belajar Bahasa Inggris siswa kelas 10 di SMA N 4 Singaraja dalam bentuk kemampuan menulis bahasa Inggris. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah metode campuran model sequential explanatory. Populasinya berasal dari siswa kelas 10 di SMA N 4 Singaraja. Hasli dari analisis data qualitative adalah adanya efek dalam pengggunaan penggunaan aktivias pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Virtual Reality terhadap pencapaian belajar Bahasa Inggris siswa kelas 10 di SMA N 4 Singaraja. Effect Size dalam penelitian quantitative ini digolongkan dalam Effect Size yang rendah. Hasil dari analisis data quantitatif adalah adanya kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan aktivias pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Virtual Reality yang memberi efek kepada Reality terhadap pencapaian belajar Bahasa Inggris siswa kelas 10 di SMA N 4 Singaraja dalam bentuk kemampuan menulis bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Pencapaian Belajar Bahasa Inggris
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kevin Marion Sepang
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:58
Last Modified: 15 Feb 2021 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item View Item