PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Arista, Lia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071029-COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071029-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071029-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa SMP antara siswa yang belajar dengan model learning cycle 5E dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Busungbiu yang berjumlah 155 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Mengingat populasi terdiri atas kelas-kelas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan random individu, maka yang dirandom adalah kelas/kelompok. Dari 5 kelas terpilih kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas VIIIC sebagai kelas control dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes uraian keterampilan berpikir kritis. Tes uraian digunakan agar lebih mudah dalam mengamati keterampilan berpikir kritis siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji Anakova. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model learning cyce 5E berkualifikasi sedang (N-Gain = 0,61). Hasil enelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan model learning cycle 5E dan model pembelajaran direct instruction (F= 25,49; p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning cycle 5E, direct instruction, berpikir kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: KADEK LIA ARISTA
Date Deposited: 20 Feb 2021 10:27
Last Modified: 20 Feb 2021 10:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item