Dewi, Ni Putu Setia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA IPA SMP MATERI TATA SURYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071031-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik media ular tangga IPA SMP materi tata surya, menganalisis tingkat validitas dan tingkat keterbacaan media ular tangga IPA SMP materi tata surya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Pengembangan yang dilakukan dibatasi sampai tahap Develop. Tahap pertama yaitu Analyze dilakukan studi dokumen dan studi lapangan (penyebaran angket). Tahap selanjutnya yaitu Design, pada tahap ini dilakukan pembuatan rancangan awal atau storyboard media ular tangga dan instrumen penilaian produk. Selain itu, dilakukan pembuatan kisi-kisi penilaian ahli dan uji keterbacaan produk. Tahap terakhir yaitu Develop (pengembangan produk). Tahap ini dilakukan pengembangan produk, validasi oleh validator dan uji keterbacaan siswa. Validasi terhadap pengembangan media ular tangga IPA SMP materi tata surya yang dikembangkan dilakukan oleh dua orang dosen Prodi S1 Pendidikan IPA dan dua orang guru IPA SMP Negeri 4 Sukasada, uji keterbacaan dilakukan kepada 10 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sukasada. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik media ular tangga yang dikembangkan terdiri atas papan permainan, dadu, bidak, petunjuk permainan, kartu soal dan kartu jawaban, (2) tingkat validitas media diperoleh rata-rata nilai 4,33 yang menunjukkan kriteria sangat valid, dan (3) rata-rata hasil uji keterbacaan oleh peserta didik adalah 4,63 yang menunjukkan kriteria sangat terbaca atau sangat mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji validasi dan keterbacaan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ular tangga IPA SMP materi tata surya memenuhi aspek kevalidan dan keterbacaan dan perlu diuji kembali sampai pada tahap akhir pengembangan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media ular tangga, Model ADDIE, Tata surya |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | NI PUTU SETIA DEWI |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 06:36 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 06:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5131 |
Actions (login required)
View Item |