Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Topik Koloid pada Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Seririt

Nor Pangsella, Meirlin (2019) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Topik Koloid pada Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031064-COVER.pdf.pdf

Download (376kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031064-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1513031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031064-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031064-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031064-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kegiatan guru, siswa, dan penilaian hasil belajar, (2) mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan pembelajaran kimia topik koloid. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia, siswa, dan RPP. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kegiatan guru dalam proses pembelajaran kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan dan standar proses, seperti model dan metode pembelajaran. (2) Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran kurang optimal karena siswa kurang berpikir kritis dalam mengindentifikasi masalah pada topik koloid sehingga guru yang lebih menginisiasi proses pembelajaran.(3) Penilaian hasil belajar yang dilakukan meliputi penilaian sikap dan pengetahuan. Penilaian keterampilan tidak dilaksanakan sesuai dengan standar penilaian. (4) Faktor pendukung yang memengaruhi pelaksanaan pembelajaran kimia topik koloid adalah sarana prasarana. Selain itu, faktor penghambat yang memengaruhi pelaksanaan pembelajaran kimia topik koloid, yaitu kesiapan guru, kesiapan siswa, dan kurangnya waktu pembelajaran. Secara umum, pelaksanaan pembelajaran kimia pada topik koloid kurang optimal. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kimia, koloid, SMA Negeri 1 Seririt.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Meirlin Nor Pangsella
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:23
Last Modified: 24 Oct 2019 04:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item