CHARACTER-BASED ENGLISH EDUTAINMENT LEARNING USING POWTOON MEDIA FOR FIFTH GRADE STUDENTS IN SD NEGERI 3 BANJAR JAWA

Narotama, Putu Deby Agastia (2021) CHARACTER-BASED ENGLISH EDUTAINMENT LEARNING USING POWTOON MEDIA FOR FIFTH GRADE STUDENTS IN SD NEGERI 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021047-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021047-ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021047-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan pendidikan dan hiburan adalah ide dan tren terbaru dalam mengajar anak-anak. Ini juga dikenal sebagai Edutainment. Edutainment dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, kreatif, inovatif, dan bermakna. Edutainment dalam penelitian ini adalah pengajaran dengan menggunakan Powtoon. Powtoon digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Powtoon dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Banjar Jawa dan untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran dengan desain eksplanatori. Data post-test dianalisis dengan menggunakan SPSS 24.0. Uji-t sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor post-tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini terlihat dari nilai tobs> tcv, 3,674> 1.671. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan Powtoon dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak secara positif memengaruhi pemahaman siswa dan mendapat tanggapan positif dari siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di sekolah dasar dapat menerapkan pembelajaran edutainment untuk meningkatkan pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Edutainment, Powtoon, pengajaran bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Deby Agastia Narotama
Date Deposited: 16 Feb 2021 13:18
Last Modified: 16 Feb 2021 13:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item