Narotama, Putu Deby Agastia (2021) CHARACTER-BASED ENGLISH EDUTAINMENT LEARNING USING POWTOON MEDIA FOR FIFTH GRADE STUDENTS IN SD NEGERI 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021047-COVER.pdf Download (802kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021047-ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021047-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penggunaan pendidikan dan hiburan adalah ide dan tren terbaru dalam mengajar anak-anak. Ini juga dikenal sebagai Edutainment. Edutainment dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, kreatif, inovatif, dan bermakna. Edutainment dalam penelitian ini adalah pengajaran dengan menggunakan Powtoon. Powtoon digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Powtoon dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Banjar Jawa dan untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran dengan desain eksplanatori. Data post-test dianalisis dengan menggunakan SPSS 24.0. Uji-t sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor post-tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini terlihat dari nilai tobs> tcv, 3,674> 1.671. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan Powtoon dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak secara positif memengaruhi pemahaman siswa dan mendapat tanggapan positif dari siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di sekolah dasar dapat menerapkan pembelajaran edutainment untuk meningkatkan pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edutainment, Powtoon, pengajaran bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Deby Agastia Narotama |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 13:18 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 13:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5168 |
Actions (login required)
View Item |