PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGATURAN DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SELAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Putri, Luh Mahayani Ngurah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGATURAN DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SELAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051015-Cover.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051015-Abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051015-BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051015-BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051015-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051015-BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629051015-BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051015-Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051015-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2020/2021. Eksperimen menggunakan pengukuran dua faktor dengan desain faktorial post-test only non-equivalent control group design. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep, kepercayaan diri, dan gaya kognitif sebagai variabel moderator siswa. Gaya kognitif dikumpulkan dengan menggunakan GEFT yang memiliki nilai koefisien reliabilitas 0,92. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep yang mengukur tiga aspek pemahaman yaitu: translasi, interpretasi, ekstrapolasi. Data kepercayaan diri dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang mencerminkan tiga indikator yaitu: magnitude, strength, generality. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis multivariat (manova). Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan skor rata-rata dan simpangan baku pemahaman konsep dan kepercayaan diri siswa. Analisis multivariat digunakan untuk menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil-hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kepercayaan diri antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran pengaturan diri dan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kepercayaan diri antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent. Ketiga, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif dalam pencapaian pemahaman konsep dan kepercayaan diri. Keempat, terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kepercayaan diri antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran pengaturan diri dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field Independent. Kelima, tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kepercayaan diri antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran pengaturan diri dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pengaturan Diri, Pemahaman Konsep, Kepercayaan Diri, Gaya Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Luh Mahayani Ngurah Putri
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:32
Last Modified: 17 Feb 2021 07:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item