ERNAWATI, HULDIJAH (2021) PENGEMBANGAN MODUL MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN EKSTRAKULIKULER DI MAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615011022-cover.pdf Download (584kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615011022-Abstrak.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615011022-Bab 1 PENDAHULUAN.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615011022-Bab 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615011022-Bab 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615011022-Bab 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615011022-Bab 5 PENUTUP.pdf Download (183kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615011022-Daftar Pustaka.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615011022-lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN EKSTRAKURIKULER DI MAN KARANGASEM Oleh Huldijah Ernawati NIM 1615011022 Program Studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul menjahit pada mata pelajaran ekstrakurikuler di MAN Karangasem. Modul yang dihasilkan berupa modul cetak. Ada dua aspek yang dikaji dalam penelitian ini yakni 1) Mengetahui kelayakan isi modul mejahit pada mata pelajaran ekstrakurikuler di MAN Karangasem melalui uji ahli, dan 2) Mengetahui tanggapan subjek sasaran yakni guru pembina dan siswa terhadap penggunaan modul menjahit pada mata pelajaran ekstrakurikuler di MAN Karangasem melalui uji coba subjek sasaran. Populasi dalam penelitian ini yakni guru pembina dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di MAN Karangasem. Selanjutnya dari populasi tersebut diambil 16 siswa untuk di jadikan sempling. Tehnik sampling yang diguakan dalam penelitian ini yakni teknik Disproportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian kombinasi atau yang biasa di sebut penelitian pengembangan. Dalam penelitian pengenbangan ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Presentasi data yang di proleh dari hasil uji ahli yakni uji ahli isi materi mendapat presentasi rerata sebesar 94,4% dan ahli media sebesar 98,5% maka rumusan masalah pertama yaitu untuk mengetahui bagaimanakah kelayakan isi modul mejahit pada ekstrakurikuler menjahit di MAN Karangasem melalui uji ahli mendapatkah hasil kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Selanjutnya tanggapan hasil uji coba oleh subjek sasaran yakni guru pembina diperoleh persentase sebesar 95% dan siswa diperoleh persentase sebesar 93,75% maka berdasarkan uji coba subjek sasaran modul menjahit pada mata pelajaran ekstrakurikuler di MAN Karangasem mendapat tanggapan yang sangat baik sehingga layak digunakan. Kata Kunci : Bahan ajar, ADDIE, Modul menjahit, Ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, ADDIE, Modul menjahit, Ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | HULDIJAH ERNAWATI |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 08:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5217 |
Actions (login required)
View Item |