SELF-DIRECTED LEARNING IN EFL DURING COVID-19 PANDEMIC: AN ANALYSIS OF TEACHER’S PERCEPTION AND STUDENTS’ LEARNING AUTONOMY IN SMA NEGERI 5 DENPASAR

Damayanti, Made (2021) SELF-DIRECTED LEARNING IN EFL DURING COVID-19 PANDEMIC: AN ANALYSIS OF TEACHER’S PERCEPTION AND STUDENTS’ LEARNING AUTONOMY IN SMA NEGERI 5 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021185-COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021185-ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021185-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021185-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021185-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021185-LAMPIRAN.pdf

Download (270kB)

Abstract

Situasi COVID-19 memaksa sistem pendidikan Indonesia menerapkan pembelajaran online. Dalam hal ini guru harus menyiapkan strategi pembelajaran online yang dapat membangun pembelajaran mandiri pada setiap siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru tentang pembelajaran mandiri, kegiatan yang ditugaskan dalam pembelajaran online, dan komponen-komponen pembelajaran mandiri yang terkandung dalam kegiatan tersebut. SMAN 5 Denpasar dipilih sebagai setting penelitian dan seorang guru bahasa Inggris dipilih sebagai subjek penelitian. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan angket penilaian diri, tabel observasi, dan tabel klasifikasi. Model interaktif digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mempersepsikan dirinya memiliki pengetahuan tentang dan dalam melaksanakan Self-Directed Learning. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran dalam tiga bagian, yaitu pra aktivitas, aktivitas whist, dan pasca aktivitas. Namun, hanya ada tiga komponen Self-Directed Learning yang diikutsertakan dalam kegiatan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik untuk dapat mengimplementasikan Self-Directed Learning dengan baik dan mendorong pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mandiri, Pembelajaran Online, Persepsi Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Damayanti
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:14
Last Modified: 18 Feb 2021 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item