PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Artini, Ni Komang Widi (2021) PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512011054-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512011054-ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512011054-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IBB XI2. Objek penelitiannya yakni pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara semi terstruktur. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan e-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar, dalam meningkatkan partisipasi aktif dari peserta didik, meningkatkan kebiasaan belajar mandiri peserta didik, mengkatkan kualitas materi, meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi.(2) Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan e-learning siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. (3) peran e-learning dalam pembelajaran adalah sebagai complement atau sebagai pelengkap dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, e-learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: NI KOMANG WIDI ARTINI
Date Deposited: 19 Feb 2021 15:32
Last Modified: 19 Feb 2021 15:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item