Pinem, Windi Nalsalina Br (2021) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN FABEL SMPS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011039-ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1612011039-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (374kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1612011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1612011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1612011039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011039-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemanfaatan media digital, (2) prosedur yang dilalui, dan (3) peranan media digital dalam pembelajaran fabel siswa SMPS Laboratorium Undiksha Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMPS Laboratorium Undiksha Singaraja. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan media digital dalam pembelajaran fabel. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media digital dalam pembelajaran fabel terdapat tiga kegiatan yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Prosedur pemanfaatan media digital dilakukan dengan lima langkah yaitu, pertama guru menyiapkan video dari internet, kedua menayangkan video, ketiga mengaitkan materi pembelajaran, keempat menyuruh peserta didik membentuk kelompok, dan kelima membahas hasil diskusi. Peranan media digital dalam pembelajaran yaitu, membangkitkan motivasi belajar, memberikan kejelasan, dan memberikan stimulasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Digital, Fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Windi Nalsalina BR Pinem |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 15:42 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 15:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5266 |
Actions (login required)
View Item |