PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN FABEL SMPS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Pinem, Windi Nalsalina Br (2021) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN FABEL SMPS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011039-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011039-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1612011039-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1612011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1612011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1612011039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemanfaatan media digital, (2) prosedur yang dilalui, dan (3) peranan media digital dalam pembelajaran fabel siswa SMPS Laboratorium Undiksha Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMPS Laboratorium Undiksha Singaraja. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan media digital dalam pembelajaran fabel. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media digital dalam pembelajaran fabel terdapat tiga kegiatan yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Prosedur pemanfaatan media digital dilakukan dengan lima langkah yaitu, pertama guru menyiapkan video dari internet, kedua menayangkan video, ketiga mengaitkan materi pembelajaran, keempat menyuruh peserta didik membentuk kelompok, dan kelima membahas hasil diskusi. Peranan media digital dalam pembelajaran yaitu, membangkitkan motivasi belajar, memberikan kejelasan, dan memberikan stimulasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Digital, Fabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Windi Nalsalina BR Pinem
Date Deposited: 19 Feb 2021 15:42
Last Modified: 19 Feb 2021 15:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item