Aprilia, Putu Indri Gita (2021) TEKNIK PENILAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT PADA SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI 2 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512011017- COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512011017-ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512011017-LAMPIRAN.pdf Download (855kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat, (2) kendala penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat, dan (3) solusi guru mengatasi kendala penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Seririt. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIIE SMP Negeri 2 Seririt. Objek penelitian ini adalah penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Seririt menggunakan bentuk tes dan nontes. Teknik tes berupa tanya-jawab secara lisan kepada siswa adalah teknik yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran puisi rakyat. Nontes menggunakan teknik performansi dan teknik portofolio. Ada tiga kendala yang dialami guru dalam penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat, yaitu (1) kesulitan dalam pengelolaan waktu yang kurang efektif, (2) pengelolaan situasi kelas, dan (3) kesulitan dalam melaksanakan penilaian. Ada tiga solusi yang ditawarkan oleh guru dalam mengatasi kendala penilaian pembelajaran keterampilan menulis puisi rakyat, yaitu (1) guru dapat mengatur waktu dengan sebaik mungkin, (2) memotivasi siswa agar bisa mengejarkan dengan tepat waktu, dan (3) mengikuti pelatihan tentang kebaruan kurikulum. Kata kunci : penilaian, keterampilan menulis, puisi rakyat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian, keterampilan menulis, puisi rakyat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Putu Indri Gita Aprilia |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 15:49 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 15:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5272 |
Actions (login required)
View Item |