PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII K DI SMP NEGERI 1 BANJAR

JAYA, KOMANG GANGGA PARAMA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII K DI SMP NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1517011036-COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1517011036-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1517011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1517011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1517011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1517011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1517011036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1517011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1517011036-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan di kelas VII K SMP Negeri 1 Banjar, dimana hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian penerapan model pembelajaran learning cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada kelas VII K SMP Negeri 1 Banjar melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dengan materi Kelangkaan dan Kebutuan Manusia, Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi. Jenis penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data memakai metode observasi dan tes. Jenis datanya ialah data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus I hasil belajar siswa memperoleh rata-rata ketuntasan belajar adalah 71,44%, kemudian siklus II memperoleh rata-rata ketuntasan belajar adalah 85,52%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar IPS dapat meningkat setelah menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E di kelas VII K SMP Negeri 1 Banjar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: I Komang Gangga Parama Jaya
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:53
Last Modified: 22 Feb 2021 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item