DEWI, PUTU YUSTIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011075-COVER.pdf Download (884kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011075-ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011075-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini ialah guna mengetahui dampak pembelajaran Tujuan diadakannya penelitian ini ialah guna mengetahui dampak pembelajaran Reciprocal Teaching pada prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukawati dan dengan menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan sampel yaitu siswa kelas VIII D dan siswa kelas VIII E. Prestasi belajar matematika siswa diukur menggunakan tes berbentuk soal uraian di akhir penelitian. Dari hasil analisis prestasi belajar matematika siswa, diperoleh rerata nilai prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibanding rerata nilai prestasi belajar matematika siswa kelas kontrol dengan rerata nilai prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen sebanyak 68,25 dan rerata nilai prestasi belajar matematika siswa kelas kontrol senilai 60,27. Selanjutnya data prestasi belajar matematika dianalisa memakai uji-t satu ekor. Dari hasil perhitungan, didapat nilai t_hitung=2,397 dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t_tabel=t_((0.05,80))=1,990, sehingga sesuai syarat uji t_hitung>t_tabel sehingga H_0 ditolak. Hal tersebut membuktikan prestasi belajar matematika siswa yang belajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Maka diperoleh kesimpulan yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching berdampak positif pada prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, Reciprocal Teaching, pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI PUTU YUSTIANA DEWI |
Date Deposited: | 21 Feb 2021 06:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2021 06:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5345 |
Actions (login required)
View Item |