Pratama, Windu (2021) Efektivitas Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031330-COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031330-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031330-BAB 1.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031330-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031330-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031330_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031330-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031330-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031330-LAMPIRAN.pdf Download (110kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif menggunakan meta analisis melalui kegiatan melakukan pengumpulan data dengan mencari artikel melalui penelusuran google scholar atau google cendikia. Dalam melakukan penelitian meta analisis terdapat langkah-langkah yang dapat dilakukan diantaranya; (1) menentukan dan mempelajari topik penelitian yang akan dirangkum, (2) mencari dan mengumpulkan sejumlah topik yang telah ditentukan dan menyeleksinya, (3) melakukan perhitungan effect size, dan (4) menarik kesimpulan dan menginterprestasikan hasil penelitian meta analisis. Karakteristik subjek penelitian ini adalah artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang telah terpublikasi secara nasional yang tercatat lima tahun terakhir sejak 2015 sampai dengan tahun 2020, artikel-artikel yang telah terkumpul telah memiliki kesamaan sebagai berikut: (1) artikel dibuat oleh mahasiswa prodi pendidikan sekolah, guru-guru di sekolah dasar, maupun peneliti dibidang pendidikan sekolah dasar (2) menggunakan hasil dari penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan di sekolah dasar, (3) artikel meruakan penelitian kuantitatif menggunakan uji hipotesis uji t dan memenuhi data effect size, dan (4) cakupan sampel penelitian dilakukan di kawasan Indonesia. Diperoleh 13 Artikel yang diperoleh melalui pencarian google scholar atau google cendikia, hasil perhitungan effect size berada antara 0.15-1.45, dan berdasarkan penelitian yang memiliki efektivitas sangat tinggi adalah penelitian yang dilakukan oleh Pratiwi, Suartama, dan Sumantri (2016) Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA, hasil penelitian ini pun didukung oleh penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Widiatmika dan Ismawati (2012) mengenai pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray yang memaparkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Efektivitas, TSTS, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, TSTS, IPA |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Windu Pratama |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5361 |
Actions (login required)
View Item |