THE EFFECT OF PICTURE SERIES AS INSTRUCTIONAL MEDIA ON STUDENTS’ ABILITY TO WRITE A RECOUNT TEXT IN SMA NEGERI 1 GIANYAR

Artaningsih, Gusti Ayu Rahayu (2021) THE EFFECT OF PICTURE SERIES AS INSTRUCTIONAL MEDIA ON STUDENTS’ ABILITY TO WRITE A RECOUNT TEXT IN SMA NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021009-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021009-ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Picture Series sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks recount siswa di SMA Negeri 1 Gianyar dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Picture Series mempengaruhi proses belajar mengajar menulis di SMA Negeri 1 Gianyar. Penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data diperoleh melalui post-test dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test, sedangkan data kualitatif yang diperoleh dari wawancara siswa dianalisis dengan menggunakan model interaktif analisis. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Picture Series terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount Bahasa Inggris siswa dengan ukuran efek yang besar (0,88). Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, ditemukan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan Picture Series dalam mengajar menulis teks recount. Dapat disimpulkan bahwa Picture Series merupakan media pembelajaran yang efektif untuk mengajar menulis teks recount untuk sekolah menengah atas. Selanjutnya, peneliti lain diharapkan untuk memperluas variabel penelitian dan mengeksplorasi penerapan media ini pada keterampilan bahasa inggris yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: picture series, teks recount bahasa inggris, menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Rahayu Artaningsih
Date Deposited: 23 Feb 2021 11:30
Last Modified: 23 Feb 2021 11:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5387

Actions (login required)

View Item View Item