Prasetya, Iswahyudin (2021) PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS K13 PADA SISWA KELAS XI IIS SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. KODEPRODI642054#PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, Universitas Pendidikan Ganesha. (Unpublished)
Text
1612011005-COVER.pdf Download (602kB) |
|
Text
1612011005_ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text
1612011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text
1612011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text
1612011005-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
1612011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text
1612011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
1612011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
Text
1612011005-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah berikut. Bagaimana teknik, kendala, dan respons siswa kelas XI IIS SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks eksplanasi dalam pembelajaran berbasis teks K13? Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IIS. Objek penelitian ini adalah teknik, kendala-kendala, dan respons. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Data dianalisis menggunakan metode yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Teknik pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks eksplanasi yang digunakan, antara lain. Menyampaikan apersepsi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, mengimbau siswa untuk berkonsentrasi pada vlog yang ditayangkan dan menjelaskan maksud dari vlog yang telah ditampilkal, mengevaluasi dan memberikan umpan balik serta menginformasikan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Kendala yang dihadapi guru yaitu belum terampil menggunakan komputer, faktor usia, dan memerlukan waktu yang lama. Sedangkan siswa, yaitu gambar vlog kurang jelas dan suara yang dihasilkan kadang kecil, dan fasilitas audio yang kurang. Respons siswa terkait pemanfaatan vlog adalah positif. Semoga melalui penelitian ini dapat membantu guru, siswa, ataupun peneliti lain.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan media Vlog, Teks Eksplanasi, SMAS Lab Undiksha |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Iswahyudin Prasetya |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 09:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 09:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5418 |
Actions (login required)
View Item |