Dewi, Ni Nyoman Arsintia (2019) The Effect of Read, Encode, Annotate, Ponder (REAP) Strategy on Reading Comprehension of The Ninth Grade Students of SMP Negeri 2 Singaraja in The Academic Year 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021179-COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021179-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1512021179-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021179-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021179-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021179-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada perbedaan yang signifikan atau tidak pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 diantara mereka yang diajar dengan strategi REAP dan yang diajar dengan strategi konvensional (ceramah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan disain Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja dengan jumlah 335 siswa. Dua kelas dengan jumlah siswa 60 dipilih sebagai sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas 9 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan strategi REAP dan kelas 11 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan strategi konvensional (ceramah). Data dikumpulkan menggunakan tes pemahaman membaca yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, inferential dan juga analisis effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan pencapaian lebih baik daripada siswa dalam kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 84.10 sedangkan nilai rata-rata dari kelompok kontrol adalah 79.67. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa nilai tobs (2.371) lebih tinggi dari tcv (1.671). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 diantara mereka yang diajar dengan strategi REAP dan yang diajar menggunakan strategi konvensional (ceramah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efek, konvensional strategi, pemahaman membaca, strategi REAP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Arsintia Dewi |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 02:04 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/545 |
Actions (login required)
View Item |