PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD N 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sri dewi, Anak Agung (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD N 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021024-COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021024-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021024-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui desain Pengembangan Video Pembelajaran, (2) mengetahui validitas hasil Pengembangan Video Pembelajaran menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, observasi, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SDN 1 Banjar Bali dengan melibatkan 30 responden. Hasil penelitian (1) desain pengembangan video muatan pembelajaran IPA meliputi lima tahapan yaitu: (a) analisis, (b) desain, (c) pengembangan, (d) impementasi, dan (e) evaluasi. (2) hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukan bahwa video muatan pembelajaran IPA valid berdasarkan hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,9%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,7%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (91,3%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (90,3%). Simpulannya adalah penelitian ini menunjukkan bahwa video muatan pembelajaran IPA berada pada kualifikasi sangat baik. Ini berarti bahwa video muatan pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Sebaiknya siswa memanfaatkan video pembelajaran ini secara optimal dan para guru bisa mengembangkan kreativas melalui media pembelajaran yang menarik sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: ADDIE, hasil belajar, muatan pembelajaran IPA, pengembangan, video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, hasil belajar, muatan pembelajaran IPA, pengembangan, video pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG SRI DEWI
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:30
Last Modified: 24 Feb 2021 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5498

Actions (login required)

View Item View Item