Sari, Ni Wayan Rahayu Eka (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA DWIJENDRA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011085-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011085-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011085-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran concept attainment berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian Post-Test Only Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 190 orang yang tersebar ke dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep bentuk uraian. Rata-rata skor pemahaman konsep matematika untuk kelompok eksperimen 1 adalah 20,61, eksperimen 2 adalah 18,34 dan kelompok kontrol adalah 15,59. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA Satu Jalur dengan taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung 23,66 lebih dari Ftabel 3,09 sehingga H0 ditolak dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penguian hipotesis menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran concept attainment berbantuan mind mapping lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan model pembelajaran concept attainment dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept attainment berbantuan mind mapping berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concept Attainment, Mind Maping, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Rahayu Eka Sari |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 01:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5505 |
Actions (login required)
View Item |