Dinda Ajeng Wahyuni, Ni Luh (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051021-COVER.pdf Download (972kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051021-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051021-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sawan. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah. Sekolah menyediakan buku paket pelajaran sebagai sumber belajar pokok dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai penunjang proses pembelajaran. Penggunaan media sebagai pembelajaran masih terbatas pada media power point dan video yang diambil di internet. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan media pembelajaran animasi 2D untuk kelas X untuk memfasilitasi proses belajar mengajar dan memotivasi siswa dalam suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), untuk mengembangkan media pembelajaran animasi 2D pada mata pelajaran fisika. Model yang akan digunakan adalah model Multimedia Development Life Cycle, yang memiliki 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil penelitian ini berupa sebuah media pembelajaran yang baik dikemas dalam bentuk CD. Terdapat beberapa pengujian untuk mengetahui kelayakan media, terdiri uji ahli isi dengan hasil 100%, uji ahli media 100%, uji efektifitas 74,73% termasuk dalam kriteria tinggi, uji respon guru 88% dan uji respon siswa diperoleh 81,02% termasuk dalam kriteria baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelajaran Fisika, Media Pembelajaran, Animasi 2D, Model MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Dinda Ajeng Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5517 |
Actions (login required)
View Item |