Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Materi Bangun Ruang Bola pada Kelas VI di SDN 22 Dauh Puri Denpasar Utara

Lestari, Ni Made Damayanti Dwi (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Materi Bangun Ruang Bola pada Kelas VI di SDN 22 Dauh Puri Denpasar Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031013-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031013-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran matematika. Media video pembelajaran yang dikembangkan memberikan aktivitas belajar bermakna melalui penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) sebagai skenario video pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis model CORE materi bangun ruang bola pada kelas VI di SDN 22 Dauh Puri dan mengetahui kelayakan video pembelajaran matematika berbasis model CORE materi bangun ruang bola pada kelas VI di SDN 22 Dauh Puri. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas VI di SDN 22 Dauh Puri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara tak terstruktur. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuatitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk video pembelajaran, meliputi hasil: (a) deskripsi rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis model CORE yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi; (b) video pembelajaran matematika berbasis model CORE dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (96,15%) dengan kualifikasi sangat baik; (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (91,67%) dengan kualifikasi sangat baik; (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (94,64%) dengan kualifikasi sangat baik; dan (d) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor (92,36%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis model CORE layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, matematika, CORE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Damayanti Dwi Lestari
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:46
Last Modified: 25 Feb 2021 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item