Trisiana, Luh Budi Eka (2019) ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SERIRIT DITINJAU DARI ARGUMENTASI TOULMIN PADA TES HASIL BELAJAR TOPIK ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031048-COVER.pdf Download (637kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031048-ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031048-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penalaran siswa yang ditinjau dari argumentasi Toulmin pada siswa kelas XI MIA (Matematika dan Ilmu Alam) SMA Negeri 1 Seririt terhadap tes hasil belajar topik asam basa. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI MIA sebagai pemberi informasi atas hasil penelitian. Objek penelitian ini adalah penalaran siswa ditinjau dari argumentasi Toulmin terhadap tes hasil belajar kimia pada topik asam basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dalam enam unsur argumentasi Toulmin yaitu pernyataan, bukti, alasan, pendukung, modalitas, dan sanggahan. Hasil penelitian ini menunjukkan terbentuk tiga pola argumentasi Toulmin yaitu pola bukti-alasan-pernyataan-pendukung/modalitas/sanggahan (G-W-C-B/Q/R), pola bukti-alasan-pernyataan (G-W-C), dan pola bukti-pernyataan (G-C) kemudian ditemukan bukan pola argumentasi Toulmin untuk siswa yang memiliki pola pernyataan (C), siswa yang menjawab salah dan tidak menjawab. Persentase secara umum 0,34% siswa memiliki pola argumen (G-W-C-B/Q/R), sebesar 9,09% siswa memiliki pola argumen (G-W-C), sebesar 44,44% siswa memiliki pola argumen (G-C), siswa memiliki pola pernyataan (C) sebesar 20%, pola menjawab salah sebesar 17%, dan siswa tidak menjawab sebesar 9,09%. Kata Kunci: argumentasi Toulmin, penalaran, tes hasil belajar, asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | argumentasi Toulmin, penalaran, tes hasil belajar, asam basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | LUH BUDI EKA TRISIANA |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 04:20 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 04:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |