PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 4 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Prasetya, Wisnu Ady (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 4 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021014-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021014-ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021014-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin dan Peck. Pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengembangkan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun ajaran 2019/2020, dan 2) mengetahui validitas video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode pencatatan dokumen, dan 4) metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (1) Proses pengembangan produk video animasi pembelajaran GETAR “Gemar Bangun Datar” pada mata pelajaaran matematika dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang meliputi tiga tahap yaitu, a) tahap analisis kebutuhan, b) tahap desain, c) tahap pengembangan dan implementasi, (2) Hasil validitas produk dikatakan valid dengan masing-masing penilaian, a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan persentase 93,25% dengan kategori sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 89% dengan kategori baik, d) hasil uji coba perorangan dengan persentase 94,04% dengan kategori sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, Video animasi pembelajaran GETAR “Gemar Bangun Datar” dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Video Animasi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Wisnu Ady Prasetya
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:11
Last Modified: 25 Feb 2021 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5669

Actions (login required)

View Item View Item