PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA ONLINE SHOP YANG MENGALAMI KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH KONSUMEN DI KOTA SINGARAJA

Sugesti, Chory Ayu (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA ONLINE SHOP YANG MENGALAMI KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH KONSUMEN DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714101040-COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714101040-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714101040-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714101040-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714101040-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714101040-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714101040-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714101040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714101040-LAMPIRAN.pdf

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perlindungan hukum terhadap pelaku usaha yang mengalami kerugian yang disebabkan oleh konsumen di Kota Singaraja serta (2) mengetahui akibat hukum terhadap konsumen yang tidak melakukan itikad baik berupa tidak melakukan pembayaran terhadap barang yang sudah dipesan dalam sistem pre order (PO). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Penentuan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan bentuk purposive sampling yakni sampel yang akan dipilih berdasarkan pertimbangan/penelitian subjektif dari peneliti. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa perlindungan hukum terhadap pelaku usaha yang mengalami kerugian adalah daftarberupa ganti kerugian dan/atau sanksi pidana terhadap konsumen bilamana konsumen tetap tidak mengganti kerugian sebagaimana dimaksud dan perbuatannya telah memenuhi unsur pidana. Akibat hukum terhadap konsumen yang tidak melakukan itikad baik dalam bertransaksi yaitu (1) Menimbulkan tanggung jawab mutlak (strict liability) terhadap kerugian yang dialami pelaku usaha; (2) Menimbulkan gugatan ganti kerugian dari pelaku usaha; (3) Menimbulkan tuntutan pidana berdasarkan ketentuan pidana pada, UU ITE, BAB 13 UUPK dan/atau ketentuan pidana dalam KUHP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelaku usaha, konsumen, kerugian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: CHORY AYU SUGESTI
Date Deposited: 24 Feb 2021 19:22
Last Modified: 24 Feb 2021 19:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item