PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLAHBATUH

Kesuma, I Nyoman Agus Adi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLAHBATUH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729121007-COVER.pdf

Download (594kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729121007-ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729121007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729121007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729121007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729121007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729121007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729121007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729121007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

I Nyoman Agus Adi Kesuma. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Siswa SMP Negeri 1 Blahbatuh”. Tesis, Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Ketut Yoda, S.Pd., M.Or. dan Pembimbing II: Dr. Syarif Hidayat, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PJOK antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional serta mengetahui interaksi antara Model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK di SMP Negeri 1 Blahbatuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan “treatment by level” dengan dua ketegori 2x2. Sampel penelitian berjumlah 20 orang dipilih berdasarkan kategori motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar PJOK pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti Model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi hasil belajar PJOK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan 4) Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah hasil belajar PJOK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih rendah dari model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PJOK, sehingga dalam penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya mempertimbangkan tingkat motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar PJOK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I Nyoman Agus Adi Kesuma
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:14
Last Modified: 26 Feb 2021 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item