PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN ASUHAN KEHAMILAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN FAKULTAS OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNDIKSHA

AYU RISNAWATI, NI KADEK (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN ASUHAN KEHAMILAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN FAKULTAS OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNDIKSHA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829021004-COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829021004-ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
1829021004-BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829021004-LAMPIRAN.pdf

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dan motivasi belajar terhadap keterampilan asuhan kehamilan pada mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan treatment by level design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha Tahun Akademik 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 47 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diperoleh dari 27% batas atas dan bawah pada masing-masing kelas dengan jumlah sampel 28 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuisioner untuk data motivasi belajar dan daftar tilik untuk data asuhan kehamilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji ANAVA-AB dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FA-hitung diperoleh sebesar 9,875 dan FAB-hitung sebesar 38,785 dengan F-tabel adalah 4,23 pada taraf signifikasi 0,05. Nilai t-hitung > t-tabel (6,289> 1,782) dengan taraf signifikasi 0,05 (one tiled) pada mahasiswa dengan motivasi tingi. Nilai t-hitung > t-tabel (2,331 > 1,782) dengan taraf signifikasi 0,05 (satu ekor) pada mahasiswa motivasi rendah. Berdasarkan hasil uji analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa: 1) keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung; 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa; 3) pada mahasiswa dengan motivasi tinggi, keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung; 4) pada mahasiswa dengan motivasi rendah, keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih rendah daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Kata-kata kunci: tutor sebaya, motivasi belajar, asuhan kehamilan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tutor sebaya, motivasi belajar, asuhan kehamilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Risnawati
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:42
Last Modified: 25 Feb 2021 04:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item