PENGGUNAAN METODE PARTISIPATORI PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X AKL A SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Aristyawati, Ni Luh Putu Sukma (2021) PENGGUNAAN METODE PARTISIPATORI PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X AKL A SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011003-COVER.pdf

Download (326kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011003-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011003-LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)

Abstract

PENGGUNAAN METODE PARTISIPATORI PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X AKL A SMK NEGERI 1 SINGARAJA Oleh Ni Luh Putu Sukma Aristyawati, NIM 1712011003 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah operasional yang ditempuh Guru terkait penggunaan metode partisipatori pada pembelajaran daring dalam menulis teks negosiasi di kelas X AKL A SMK Negeri 1 Singaraja, (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan Siswa dalam menulis teks negosiasi menggunakan metode partisipatori pada pembelajaran daring di kelas X AKL A SMK Negeri 1 Singaraja, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Guru dalam penggunaan metode partisipatori pada pembelajaran daring dalam menulis teks negosiasi di kelas X AKL A SMK Negeri 1 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah Guru Bahasa Indonesia, Ibu Agung Rai dan siswa kelas X AKL A SMK Negeri 1 Singaraja, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode partisipatori pada pembelajaran daring dalam menulis teks negosasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah operasional yang dilakukan guru pada pembelajaran daring menulis teks negosiasi telah sesuai dengan prinsip metode partisipatori, (2) rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi pada pembelajaran daring dengan metode partisipatori adalah 88,54 dengan kategori sangat baik, (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode partisipatori pada pembelajaran daring menulis teks negosiasi menurut perspektif guru adalah kendala ekternal siswa yaitu teknis. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) guru lainnya dapat menggunakan metode partisipatori pada pembelajaran menulis teks negosiasi, (2) siswa diharapkan dapat mengikuti arahan dan petunjuk dari guru selama pembelajaran, (3) peneliti lain dapat meneliti penggunaan metode partisipatori pada pembelajaran daring Bahasa Indonesia dengan teks lainnya. Kata kunci: Menulis, Metode Partisipatori, Teks Negosiasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Menulis, Metode Partisipatori, Teks Negosiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Sukma Aristyawati
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:15
Last Modified: 25 Feb 2021 04:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5749

Actions (login required)

View Item View Item