PROJECT-BASED LEARNING IN TEACHING EFL WRITING AT SMP NEGERI 1 TEMBUKU: AN ANALYSIS OF ITS EFFECT ON THE 5 DIMENSIONS OF WRITING

Wardani, Ni Komang Sri (2021) PROJECT-BASED LEARNING IN TEACHING EFL WRITING AT SMP NEGERI 1 TEMBUKU: AN ANALYSIS OF ITS EFFECT ON THE 5 DIMENSIONS OF WRITING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081025-COVER.pdf.pdf

Download (161kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081025-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081025-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081025-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081025-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (372kB)

Abstract

Abstrak Ni Komang Sri Wardani (2021), Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pengajaran Menulis Bahasa Asing Inggris Di SMP Negeri 1 Tembuku: Analisis Pengaruh Terhadap 5 Dimensi Menulis. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah di bimbing dan di setujui oleh Pembimbing I Prof. Dra. Luh Putu Artini, M.A., Ph.D. and Pembimbing II Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis, 5 Dimensi Menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis siswa kelas 9 SMPN 1 Tembuku. Penelitian ini mengimplementasikan desain embedded mixed method, dimana data kuantitatif dianggap sebagai data utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terpandu, observasi, angket terbuka, dan tes menulis. Uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menganalisis apakah ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan Pembelajar Berbasis Proyek, dan Manova digunakan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi keterampilan menulis siswa dalam hal konten, organisasi, struktur, kosakata, dan mekanik. Hasilnya menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis bahasa Inggris siswa. Pembelajaran Berbasis Proyek juga mempengaruhi keterampilan menulis siswa ditinjau dari isi, organisasi, struktur, kosa kata, dan mekanik (sig . = .000 <α =. 05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa, Pembelajaran Berbasis Proyek juga berpotensi mendorong pemikiran kritis siswa, kreativitas, kerja kolaboratif pada siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Tembuku, dan meningkatkan kepuasan guru dalam mengajar. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek secara signifikan mempengaruhi keterampilan menulis siswa kelas 9.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis, 5 Dimensi Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Komang Sri Wardani
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:40
Last Modified: 25 Feb 2021 10:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item