PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENAL AKSARA BALI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI DI SD NEGERI 1 KAWAN

Arya Sulaksana, I Putu (2021) PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENAL AKSARA BALI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI DI SD NEGERI 1 KAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1315051061-COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1315051061-ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1315051061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1315051061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1315051061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1315051061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1315051061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1315051061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1315051061-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui pengaruh aplikasi pembelajaran pengenal Aksara Bali terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aksara bali di SD Negeri 1 Kawan. 2) mendeskripsikan respon siswa mengenai pembelajaran aksara wianjana dengan menggunakan media pembelajaran pengenal Aksara Bali. Adapun aplikasi pembelajaran pengenal aksara bali digunakan yaitu teknik template matching. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Kawan sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini digunakan teknik sampling jenuh karena seluruh anggota populasi menjadi anggota sampel. Sampel terdiri dari kelas III A sebanyak 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B sebanyak 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda dan metode angket. Tes pilihan ganda yang diberikan berjumlah 20 butir soal. Angket penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala guttman, yaitu responden menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan jumlah pilihan jawaban yang telah disediakan. Metode analisis data menggunakan analisis data deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Aplikasi pembelajaran pengenal Aksara Bali berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Bali di sekolah dasar SD Negeri 1 Kawan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata tes pretasi belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. 2) Respon siswa mengenai pembelajaran aksara wianjana dengan menggunakan media pembelajaran pengenal Aksara Bali sangat positif. Dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan angka 88,57% dengan kategori sangat positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi pengenal aksara bali, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Putu Arya Sulaksana
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:46
Last Modified: 26 Feb 2021 02:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item